Polda Metro Siapkan 150 Personel Obvit untuk Pengawalan Delegasi KAA

Polda Metro Siapkan 150 Personel Obvit untuk Pengawalan Delegasi KAA

Jakarta – Polda Metro Jaya menyiapkan 150 personel dari Direktorat Pengamanan Objek Vital (Obvit) untuk memberikan pengawalan terhadap pada delegasi Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika. Para personil ini akan memberikan pengawalan yang melekat terhadap para tamu VIP setingkat menteri dari negara-negara delegasi.

“‎Untuk KAA ini kita ada 100 personil dari Pam Obvit yang akan memberikan pengawalan melekat, tetapi total yang kita siapkan ada 150 personil,” kata Direktur Pam Obvit Polda Metro Jaya Kombes Mulyadi Kaharni kepada wartawan, Senin (30/3/2015).

Mulyadi mengatakan, para personel ini akan memberikan pengamanan terhadap para delegasi setibanya mereka di Bandara Soekarno-Hatta, tanggal 18 April 2015 mendatang. Mereka akan dikawal hingga ke tempat-tempat yang dikunjungi.

“Ada 24 hotel tempat para delegasi menginap, ini juga akan kita amankan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Pam Obvit Polda Metro Jaya AKBP Erick Bismo mengatakan, para personil yang ditugaskan untuk mengawal para delegasi ini memiliki kemampuan khusus seperti kemampuan beladiri, kemampuan menembak dan kemampuan menguasai bahan peledak.

“Tetapi untuk penanganan bahan peledaknya sendiri tetap ditangani oleh Tim Jihandak,” imbuhnya.

Untuk mengasah kemampuan tersebut, para personil diberikan pelatihan khusus. Selama pelatihan ini, mereka digembleng mulai dari ketahanan fisik hingga penguasaan teori dan praktik dalam menghadapii situasi yang mungkin akan diterima para tamu delegasi ini.

“Untuk ketahanan fisik kita latih mereka dengan olahraga‎ dan juga ketangkasan dalam bela diri,” ungkapnya.

Para personil juga dilatih dalam kondisi cuaca ekstrim, pada saat matahari terik atau pada saat turun hujan lebat. Seperti pada minggu kemarin ketika turun hujan lebat, para anggota dilatih oleh instruktur yang sudah menguasai security officer (SO) dalam pengamanan tamu VIP hingga VVIP.

Source: https://news.detik.com/berita/2873510/polda-metro-siapkan-150-personel-obvit-untuk-pengawalan-melekat-delegasi-kaa